Isyarat Bendera Kapal

Isyarat Bendera Kapal


Sebagai aturan umumpada suatu saat hanyadiperhatikan satu kibaranSetiap kibaran ataukelompok kibaran harus tetap dikibarkansehingga 
telah diwajibkan oleh stasiun penerima.
Apabila diperlihatkan lebih dari satu kelompokdari pada tali bendera yang samamakakelompok-kelompok tersebut harus dipisahkansatu sama lainnya dengan
sebuah tali pemisahStasiun pengirim harusselalu mengibarkan isyarat pada tempat yang paling terlihat oleh stasiun penerima yaitu padaposisi sedemikian rupa sehingga bendera-bendera dapat berkibar dengan bebas dan tidaktertutup oleh asap.
ISYARAT HURUF:

Alfa
"Saya mempunyai seorang penyelam di bawah air, jauhilah saya dengan kecepatan rendah"

Bravo
"Saya sedang memuatatau membongkarataumengangkut muatan-muatan yang berbahaya".

Charlie
"Ya"(persetujuan atau pengertian kelompok-kelompoksebelumnya harus diberikan makna yang menyatakanpersetujuan.

Delta
"Menjauhlah dari saya,saya sedang mengalamikesulitan  mengolah gerak"

Echo
"Saya sedang mengubah haluan saya ke kanan"

Foxtrot
"Saya tidak dapat mengolah gerakberkomunikasilah  dengan saya"

Golf
                                                                 "Saya minta pandu"
Apabila digunakan oleh kapal-kapal nelayan yangmenangkap ikanberarti : “Saya sedang mengangkat jaring"

Hotel
"Dikapal saya ada pandu"

India
"Saya sedang mengubah haluan saya ke kiri"

Juliet
"Saya mengalami kebakaran dan mempunyai muatanberbahaya di kapal.menjauhlah dari saya"

Kilo
"Saya hendak berkomunikasi dengan anda"

Lima
"Anda harus segera memberhentikan kapal 
anda"

Mike
"Kapal saya berhenti dan tidak mempunyai laju terhadapair"

November
Tidak”, artinya harus diberikan makna yangmenyatakan penolakan atau ingkarIsyarat ini hanyaboleh diberikan secara visual atau dengan bunyiUntukpemancaran radio atau penggunaan suaraisyarat inidiucapkan sebagai “NO”.

Oscar
"Orang jatuh ke laut"

Papa
DI PELABUHAN  : "Semua orang harus melaporkan dirike kapalsebab tak lama lagi kapal 
akan bertolak menuju ke laut"
DI LAUT : Isyarat ini dapat  digunakan oleh kapalnelayan yang berarti “Jaring saya 
tersangkut pada suatu rintangan"

Quebec
"Kapal saya 'Sehat' dan saya minta pemeriksaankarantina".

Romeo
"Saya Berhenti"

Sierra
"Saya sedang mempekerjakan gerak dorongan mundur".

Tango
"Mejauhlah dari saya,saya sedang memukat secaraberpasangan".

Uniform
"Kamu menuju ke tempat berbahaya"

Victor
"Saya membutuhkan bantuan"

Whiskey
"Saya membutuhkan bantuan medis"

Xray
"Hentikanlah maksud anda dan perhatikanlah isyarat-isyarat saya"

Yankee
"Jankar saya tersangkut/menggaruk"

Zulu
"saya butuh kapal tunda"

Comments

Popular posts from this blog

Struktur Organisasi di Kapal (tugas dan tanggung jawab)